Status Akreditasi A
Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 5353/SK/BAN-PT/Ak/PP/VIII/2022
Visi Prodi PPG Universitas Muhammadiyah Gresik:
Dalam periode 2018-2023 Menjadi Program Studi yang berdaya saing dalam penyelenggaraan pendidikan profesi guru yang unggul, berkarakter religius dan berjiwa entrepreneur
Misi Prodi PPG Universitas Muhammadiyah Gresik:
1. |
Menyelenggarakan pengajaran di bidang pendidikan profesi guru yang berkualitas. |
2. |
Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan keilmuan pendidikan. |
3. |
Melaksanakan kegiatan pengabdian melalui penerapan ilmu pendidikan kepada masyarakat. |
4. |
Menyelenggarakan pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan karakter religius & jiwa entrepreneur. |
5. |
Memperluas networking dengan stakeholder di tingkat daerah dan nasional |
Tujuan Dan Sasaran Prodi PPG Universitas Muhammadiyah Gresik :
Tujuan :
1. |
Menghasilkan guru professional yang bersertifikat yang kompeten di bidang keahliannya |
2. |
Menjadi program studi yang mampu mengembangkan pendidikan profesi guru melalui kegiatan penelitian ilmiah. |
3. |
Menjadi program studi yang mampu mampu mengaplikasikan inovasi bidang pendidikan kepada masyarakat.t. |
4. |
Menghasilkan guru professional yang berkarakter religius & berjiwa entrepreneur. |
5. |
Menghasilkan berbagai bentuk kerjasama dan networking dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan PPG |
Sasaran Prodi Pendidikan Profesi Guru:
a. Sasaran dalam bidang akademik untuk menghasilkan lulusan PPG (S.Gr) yang profesional, meliputi : |
|
1) Seluruh mahasiswa PPG lulus Ujian Pengetahuan (UP) dan Uji Kinerja (UKin); |
|
2) Kepuasan mahasiswa PPG terhadap layanan penyelenggaraan PPG, Kinerja Dosen dan Guru Pamong, PPL,
|
|
3) Kepuasan Guru Pamong, dosen dan tendik terhadap penyelenggaraan PPG di atas 80%; |
|
4) Terselenggaranya proses perkuliahan dengan tingkat kehadiran dosen dan mahasiswa di atas 80%; |
|
5) Tercapainya tingkat kepuasan mahasiswa PPG dalam layanan akademik di atas 80%; |
|
6) Waktu penyelesaian studi mahasiswa PPG maksimal 2 semester; |
|
7) Terciptanya suasana akademik yang memungkinkan seluruh mahasiswa PPG dapat berkembang sebagai
|
|
b. Sasaran dalam upaya peningkatan kegiatan penelitian, meliputi : |
|
1) Jumlah kegiatan penelitian kolaborasi dosen dan guru sekurang-kurangnya 2 (dua) judul penelitian per tahun; |
|
2) Terselenggaranya kegiatan penelitian dalam bidang pendidikan guru dengan fokus penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh prodi PPG sekurang-kurangnya 1 (satu) penelitian setiap tahunnya dan terpublikasi sekurang-kurangnya pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional yang bereputasi; |
|
3) Terselenggaranya kegiatan penelitian dosen prodi PPG dengan melibatkan UMG: Borang III A Program Pendidikan Profesi Guru UMG 2020 7 mahasiswa PPG dalam menunjang penyelesaian studi, yang terpublikasikan dalam bentuk artikel dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi sekurang-kurangnya 1 (satu) judul dalam setahun. |
|
c. Sasaran dalam upaya peningkatan pengabdian kepada masyarakat, meliputi: |
|
1) Terselenggaranya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa PPG yang dikoordinasikan oleh program studi sekurang- kurangnya 1 (satu) kali dalam setiap tahun; |
|
2) Terselenggaranya kegiatan pengabdian pada masyarakat pada satuan pendidikan, dengan fokus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun; |
|
3) Terselenggaranya kegiatan seminar atau workshop pendidikan guru pada satuan pendidikan jenjang SMP, SMA, SMK sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun. |
|
d. Sasaran dalam upaya peningkatan kerja sama (networking), meliputi: |
|
1) Terselenggaranya kegiatan kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan pihak eksternal pada tingkat regional atau nasional sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun; 2) Terselenggaranya kuliah umum bidang pendidikan guru dengan nara sumber dari universitas lain dalam atau luar negeri sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam setahun. |