UMG Terima Hibah Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)

Gresik - Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) berhasil menjadi satu-satunya universitas di Gresik yang mendapatkan Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020. Sebanyak lima (5) program studi di lingkungan UMG mendapatkan pendanaan ini. Program studi tersebut yakni program studi Akuntansi, program studi Budidaya Perikanan, program studi Manajemen, program studi Pendidikan Matematika dan program studi Psikologi.

Merdeka_1.jpeg (177 KB)

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, pada Selasa (27/7) lalu, Dirjen Dikti Kemdikbud memberikan informasi terkait penerimaan proposal hibah Program Bantuan Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM ini pada seluruh pimpinan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Dari 34 total program studi yang ada di UMG, sebanyak 6 program studi mengajukan proposal melalui Biro Administrasi Akademik Universitas Muhammadiyah Gresik, dan 5 program studi berhasil mendapat pendanaan.

Program Bantuan Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM ini sendiri merupakan langkah untuk mendukung implementasi program MBKM yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, dimana diharapkan program studi di lingkungan pendidikan tinggi mampu menerapkan kerjasama yang nantinya akan mendukung kurikulum MBKM.

Merdeka_2.jpeg (217 KB)

Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Prof. Dr. Ir. Setyo Budi, M.S., mengatakan bahwa ini merupakan sebuah langkah yang baik bagi universitas untuk kedepannya mampu menjadi Kampus Merdeka.

“Keberhasilan ini merupakan jalan bagi UMG untuk mengimplemetasikan dan mengembangkan MBKM di lingkungan universitas kami. Sementara untuk permulaan 5 program studi akan menjalankan kurikulum MBKM ini dan nantinya seluruh prodi akan mengikuti,” harapnya.

Kepala Biro Administrasi Akademik Universitas Muhammadiyah Gresik, Elly Ismiyah, S.T. M.T., juga menyampaikan harapan senada.

“Kedepannya semua program studi di Universitas Muhammadiyah Gresik siap untuk menjalankan kurikulum MBKM dan menjadi Kampus Merdeka di Gresik,” tandasnya.

Berikut lampiran lengkap Pengumuman Penerima Program Bantuan Program Studi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. (Humas UMG)

http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/08/Pengumuman-Penerima-Program-Bantuan-Prodi-Menerapkan-Kerja-Sama-Kurikulum-MBKM.pdf


27 September 2020
Teknik Kimia UMG Adakan Seminar Internasional
27 September 2020
Wakil Rektor III UMG Raih Gelar Doktor
21 September 2020
26 Mahasiswa UMG Ikuti Program Pertukaran Pelajar Tanah Air Nusantara 2020