LPPM UMG Adakan Seminar Hasil PPM UMG 2020

Gresik - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Gresik menggelar kegiatan Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gresik 2020 untuk yang pertama kalinya yang dilakukan secara daring, Selasa (06/10). Kegiatan seminar yang dihadiri lebih dari 100 peserta ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan wadah bagi para dosen untuk menyampaikan hasil dari kegiatan penelitian maupun pengabdian masyarakat yang telah dilakukan sebelumnya. 

Hibah_1 (3).jpeg (145 KB)

Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Prof. Dr. Ir. Setyo Budi M.S., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah momentum awal yang sangat berharga dan fundamental dalam rangka mengubah mindset agar semua hasil penelitian dan pengabdian masyarakat, terutama yang telah dilakukan dosen Universitas Muhammadiyah Gresik, diseminarkan dalam sebuat wadah baik secara internal maupun eksternal nantinya. Setyo juga berharap agar kegiatan seperti ini nantinya dapat dilakukan secara konsisten dengan tujuan agar budaya membuat makalah dan seminar bukan lagi menjadi sebuah paksaan, namun menjadi sebuah kebutuhan dan menjadi kebiasaan baik bagi dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik sebagai kelanjutan upaya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Harapan saya adalah semoga nantinya dosen semakin termotivasi untuk melaksanakan penelitain dan pengabdian kepada masyarakat sehingga nantinya akan menjadi sebuah dorongan pribadi agar dapat menghasilkan luaran-luaran yang bisa bermanfaat tidak hanya bagi universitas namun juga bagi masyarakat luas,” jelasnya.

Hibah_1 (2).jpeg (169 KB)

Dr. Nur Fauziyah, M.Pd., Kepala LPPM Universitas Muhammadiyah Gresik, juga menyampaikan harapan serupa. Nur mengatakan bahwa LPPM akan terus memaksimalkan usaha untuk meningkatkan klaster univeristas baik dalam bidang penelitian maupun pengabdian masyarakat. 

“Pada penilaian di tahun 2018, kinerja penelitian Universitas Muhammadiyah Gresik berada pada klaster Madya, sedangkan untuk pengabdian masyarakat ada pada kategori memuaskan. Kami berharap agar nanti pada 2021 kami bisa meningkatkan klaster penelitian menjadi Utama, dan pengabdian masyarakat menjadi Sangat Bagus (Very Good),” kata Nur. 

Untuk itu, Nur menambahkan, LPPM Universitas Muhammadiyah Gresik terus mendorong dosennya agar terus meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. LPPM Universitas Muhammadiyah Gresik juga akan secara rutin mengadakan berbagai forum ilmiah baik berupa Seminar Hasil maupun Seminar Internasional, serta menyediakan beberapa jurnal untuk memfasilitasi para dosen dilingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik dalam rangka meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat ini. 

“Kami juga telah mengembangkan SIM LPPM, sehingga dosen akan lebih mudah dalam mencari informasi, mensubmit proposal, maupun melaporkan perkembangan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dikerjakan,” sambungnya.

Hibah_1 (1).jpeg (139 KB)

Pada kegiatan Seminar Hasil yang tidak hanya dihadiri oleh dosen dilingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik namun juga dosen dari beberapa universitas lain ini, juga menghadirkan Dr. Vina Salvina Darvina Soedarwo, M.Si., yang merupakan Reviewer Nasional Kemenristek / BRIN. Vina memberikan beberapa penjelasan terkait dengan pembuatan proposal untuk mengajukan pendanaan baik dalam kegiatan penelitian maupun pengabdian masyarakat. Vina menyebut bahwa Kemenristek / BRIN saat ini telah banyak menghilangkan pendanaan dengan skim yang kecil dikarenakan banyaknya peneliti senior yang telah semakin mapan. Hal ini juga yang membuat Kemenristek / BRIN semakin ketat dalam menyeleksi proposal penelitian dan pengabdian masyarakat yang akan didanai. 

“Namun bukan tidak mungkin ya. Yang paling penting adalah pemahaman dalam pembuatan proposal, pemahaman dalam pembuatan tim, serta jangan sungkan untuk selalu belajar pada yang sudah berpengalaman dalam membuat proposal,” terangnya. (Humas UMG)


25 October 2020
UMG Raih Juara 1 Best Paper KRA VII Tahun 2020
25 October 2020
Mahasiswa S2 buat karya dan menjadi Karya Infografik Terpilih KEMENDIKBUD
24 October 2020
LPD UMG Adakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Bagi Kepala Sekolah TK