Orientasi Mahasiswa PPG Daljab Tahap 1 Tahun 2021

Gresik - Program Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PPG FKIP) Universitas Muhammadiyah Gresik mengadakan Orientasi bagi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan  Bidang Studi Matematika FKIP UMG Tahap 1 Tahun 2021, Jumat (09/04). Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dengan dihadiri oleh seluruh mahasiswa PPG Daljab FKIP UMG Angkatan 1 Tahun 2021. Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Eko Budi Leksono, S.T., M.T., Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik, Dr. Slamet Asari, M.Pd., koordinator PPG FKIP UMG, Fatimatul Khikmiyah, M.Sc., serta tim pelaksana PPG FKIP UMG.

                  

PPG FKIP Universitas Muhammadiyah Gresik sampai dengan saat ini memang masih melaksanakan di bidang Matematika saja, namun juga sedang mempersiapkan untuk bidang studi Bahasa Inggris dan PGSD, sesuai dengan program studi S1 yang ada di FKIP UMG. Meskipun hanya melakukan PPG di satu bidang studi, Fatimatul selaku koordinator PPG FKIP UMG mengatakan bahwa PPG FKIP UMG terus diberikan kepercayaan secara kontinyu oleh GTK untuk menyelenggarakan PPG mulai dari tahun 2018 hingga tahun 2021 ini, dengan jumlah mahasiswa yang semakin bertambah setiap tahunnya. Fatimatul menambahkan bahwa PPG FKIP UMG hanya sebagai pelaksana, namun untuk tahapan seleksi sampai penetapan mahasiswa dilakukan oleh GTK.

 

Pada tahun 2020 yang lalu terdapat 2 tahap, dengan rincian jumlah mahasiswa sebanyak 55 pada tahap 1, dan 52 mahasiswa pada tahap 2. Mahasiswa pada tahap 1 pada tahun 2020 terbagi menjadi 2 kelas, dimana kelas lebih lebih kurus dibanding tahun 2021 ini. Pada tahun 2021 ini terdapat 70 mahasiswa yang akan terbagi dalam 2 kelas, sehingga dalam satu kelas akan berisi sekitar 35 mahasiswa. Untuk tahap 2 pada tahun 2021 ini akan terdapat 35 mahasiswa dan bergabung dalam 1 kelas. Adapun pendanaan PPG Daljab berasal dari dana APBN berupa bantuan pemerintah.

 

Lebih jauh Fatimatul menjelaskan berdasarkan institusi asal mahasiswa, pada periode tahun 2021 ini didominasi oleh bapak/ibu guru dari jenjang SMP, yang mana agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana biasanya didominasi oleh bapak/ibu guru dari SMK. Pada penyelenggaraan PPG Daljab tahun 2021 ini terdapat 8 dosen, 9 guru pamong, satu admin IT yang berkaitan dengan penggunaan LMS, serta 3 orang admin kelas yang akan membantu pelaksanaan pembelajaran bapak/ibu guru mahasiswa PPG Daljab. Selain itu terdapat 8 sekolah mitra tempat guru pamong berasal, yakni dari SMA Negeri 1 Gresik, SMA Negeri 1 Manyar, SMK Negeri 1 Sidayu, SMK Negeri 1 Cerme, SMK Negeri 1 Duduk Sampeyan, SMP Negeri 2 Gresik, SMP Negeri 3 Gresik dan SMP Negeri 17 Gresik.

 

Dalam sambutannya, Dr. Eko, Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik mengucapkan selamat datang kepada bapak/ibu guru mahasiswa baru PPG Daljab di FKIP UMG. Dr. Eko juga menyampaikan pentingnya PPG ini bagi karir bapak/ibu guru dimasa yang akan datang. Menurutnya, PPG ini penting karena nantinya guru akan dapat disebut sebagai guru profesional bila telah menyelesaikan PPG. Maka dari itu, dirinya berharap agar seluruh bapak/ibu guru mahasiswa PPG Daljab baik Tahap 1 maupun Tahap 2 Tahun 2021 ini dapat menyelesaikan seluruh rangkaian pembelajaran dengan baik, sehingga hasil yang didapatkan juga memuaskan. Selain itu Dr. Eko juga berharap agar suatu saat para mahasiswa PPG Daljab ini akan dapat mengunjungi kampus, sekedar untuk bersilaturahmi sebagai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran PPG akan dilakukan penuh secara daring, dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

 

Dalam kegiatan Orientasi ini, diisi dengan beberapa materi dari dosen PPG FKIP UMG. Terbagi menjadi 4 sesi, sesi 1 diisi dengan Pendalaman Materi tentang Analisis Pembelajaran Berbasis Masalah yang disampaikan oleh koordinator PPG, Fatimatul Khikmiyah, M.Sc. Dilanjutkan sesi 2 dengan materi Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Perancangan Pembelajaran) oleh Syaiful Huda, M.Si., yang juga merupakan Kaprodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UMG, dan sesi 3 dengan materi Praktek Pengalaman Lapangan (Praktek Pembelajaran) oleh Dr. Nur Fauziyah, M.Pd., dosen PPG FKIP UMG yang juga merupakan Kepala LPPM UMG. Kemudian ditutup dengan materi terakhir pada sesi 4 tentang Learning Management System (LMS) PPG yang disampaikan oleh admin IT PPG FKIP UMG, Churun L. Maknun, M.Pd. (Humas UMG)

ek1.jpg (116 KB)

ekk2.jpg (120 KB)

ek3.jpg (148 KB)

ek3.jpg (148 KB)

ek4.jpg (122 KB)

ek5.jpg (95 KB)