Silaturahmi Mahasiswa dan Dosen bersama Prof. Dr. Zainudin Maliki M.Si

ws1.jpg (183 KB)

Universitas Muhammadiyah Gresik, mengadakan kegiatan Silaturahmi Mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah Tahun 2020 bersama Prof. Dr. Zainuddin Maliki, M.Si (14/09). Pada kesempatan tersebut Prof. Zainuddin, juga menjadi pemateri pada kegiatan Workshop yang mengambil tema  “Strategi dan Produktifitas Menulis bagi Dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik”. Kegiatan silaturahmi bersama mahasiswa dan dosen ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom dan luring di Hall Sang Pencerah Universitas Muhammadiyah Gresik.

Kegiatan silaturahmi ini dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Gresik, Bapak Suwarno S.E, M.Si. Beliau menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan silaturahmi dan Workshop hari ini dalam rangka memberikan motivasi kepada mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah Tahun 2020 serta memberikan motivasi kepada Dosen UMG untuk meningkatkan produktifitas di dalam menulis.

ws.jpg (222 KB)

Pada penyampaian materinya, Prof. Dr. Zainudin juga menegaskan kepada Mahasiswa penerima KIP untuk bisa memanfaatkan dengan baik, belajar dengan tekun dan dengan semangat tinggi untuk menjadi sarjana yang memiliki kemampuan kualifikasi akademik yang bagus. Mahasiswa selalu dituntut untuk menciptakan hal hal baru yang kreatif dan produktif, serta senantiasa membagikan ilmu kepada masyarakat, sebagai bentuk pengabdiannya dan rasa tanggung jawabnya kepada masyarakat. Sehingga saat lulus nanti mahasiswa dapat menjadi bagian dari upaya untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur, sejahtera dan berkemajuan.

“Mahasiswa yang mendapat beasiswa, harus belajar sungguh-sungguh untuk menjadi sarjana yang otentik, sarjana yang bermanfaat. Khoirunnas anfauhum linnas yakni sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya” tuturnya.

Beliau menambahkan bahwa hidup itu harus berprinsip dan berfilosofi seperti lebah dan semut. Filosofi hidup lebah dan semut, yakni sama sama memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

ws2.jpg (256 KB)

Pada sesi kedua Prof Dr Zainudin Maliki, M.Si memberikan materi dan motivasi tentang “Strategi dan Produktifitas Menulis bagi Dosen”. Pada sesi kedua ini, dipandu oleh Dr. Sukaris, SE, M.S.M Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat sebagai moderator. Prof Zainudin, memberikan motivasi kepada Dosen Universitas Muhammadiyah Gresik untuk tetap menulis meskipun awal menulis buku terasa sulit.  Beliau mengambil contoh tentang filosofi pohon pisang, dimana dosen diharapkan tidak seperti pohon pisang, yang hanya berbuah satu kali lalu tidak berbuah lagi. Sehingga beliau menghimbau untuk para dosen di lingkungan Universitas Muhammadiyah Gresik agar produktif menulis dan membagikan ilmu ke mahasiswa dan masyarakat dalam bentuk karya cipta yang salah satunya adalah buku.

“Literasi adalah hal yang paling penting dalam menciptakan suatu karya termasuk buku. Karena Reading dan Writing adalah dua hal yang saling berkorelasi atau berhubungan. Kecenderungan masyarakat Indonesia yang sangat minim membaca adalah tantangan kita sebagai Dosen untuk menciptakan sumber bacaan atau buku yang menarik untuk dibaca dan dipelajari baik oleh mahasiswa maupun oleh masyarakat luas” pungkasnya. (HUMAS UMG)


19 September 2021
Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru UMG 2021 “BEYOND THE LIMIT”
18 September 2021
Wisuda Yudisium Ke XXXIX Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik
18 September 2021
Semarak Explore UKM dan HMJ Masa Taaruf Mahasiswa Baru 2021 UMG