Peserta Vaksin Sambut Antusias Vaksinasi Tahap II di UMG

vks 2.JPG (70 KB)

Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik menyelenggarakan Vaksinasi Tahap Kedua tanggal 8-9 Oktober 2021. Pada kegiatan tersebut disediakan 4000 dosis vaksin, dengan masing masing 2000 dosis vaksin untuk tiap harinya. Peserta vaksinasi kedua ini sama dengan peserta vaksinasi tahap kesatu yang dilaksanakan pada tanggal 7-10 September 2021. Pembukaan kegiatan vaksinasi dilaksanakan dengan menyanyikan Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah dan sambutan dari Ketua Vaksinasi, Ketua MCCC UMG dan Ketua BPH UMG.

Ketua BPH (Badan Pembina Harian) UMG, Prof Dr Biyanto, M.Ag menyampaikan sambutan pembukaan kegiatan vaksinasi tahap kedua, dihalaman utama UMG. Beliau menyampaikan kegiatan vaksinasi kedua ini merupakan usaha Muhammadiyah khususnya Universitas Muhammadiyah Gresik untuk bersinergi dengan Pemerintah agar Indonesia terutama Jawa Timur segera bisa mencapai herd imunity. Selain memberikan sambutan, Ketua BPH UMG juga melakukan vaksinasi tahap kedua di Universitas Muhammadiyah Gresik. Beliau mengapresiasi pelayanan vaksinasi yang diberikan oleh tim vaksinasi dan panitia.

“Semoga dengan adanya vaksinasi kedua ini, masyarakat khususnya yang ada di wilayah Gresik, Lamongan dan sekitarnya dapat segera bisa melakukan aktifitas normal kembali. Namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan” ujar Dosen UINSA ini.

Ketua pelaksanaan vaksinasi di UMG, Soestiono Mindhiharto, S.Psi, M.Kes menuturkan bahwa kegiatan vaksinasi ini melibatkan berbagai sektor pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Gresik yakni : Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Puskesmas Kebomas dan Rumah Sakit Muhammadiyah Gresik.

“Karena vaksinasi dilakukan oleh 2000 perserta per harinya, untuk menghindari kerumunan maka kami 3 hari sebelumnya telah mengirimkan sms ke peserta vaksin yang berisi, Nama, NIK dan jadwal kedatangan ke lokasi vaksinasi, dan bagi yang tidak mendapatkan sms bisa langsung Whatsapp ke nomor yang telah kami cantumkan di pengumuman” imbuh Dosen yang juga menjabat sebagai Kaprodi Kesehatan Masyarakat tersebut.

Yang berbeda dari pelaksanaan vaksinasi tahap pertama, vaksinasi tahap dua pada hari ini peserta mendapatkan susu steril dari salah satu brand ternama. Masyarakat juga dapat melihat produk produk hasil karya mahasiswa KKN Semester Genap Tahun 2021 Universitas Muhammadiyah Gresik. Ada 24 produk yang di display oleh mahasiswa, mulai dari seni kriya, jenis makanan olahan, minuman herbal, dan jajanan yang telah dimodifikasi, potensi lokal, produk – produk inovasi seperti alat mencuci tangan dengan menggunakan sensor (tanpa sentuh), dan beberapa prototype produk produk inovasi dari prodi perikanan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, selain masyarakat mendapatkan vaksin, mereka juga mendapatkan edukasi terkait kesehatan seperti pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Pada kesempatan tersebut masyarakat juga diperkenalkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik (HUMAS UMG). 

vks.JPG (50 KB)

vks 1.JPG (51 KB)