TIM RISETMU UMG GELAR PELATIHAN DIGITAL COMMERCE UMKM DI GRESIK

umkm 2 new.jpg (163 KB)

Gresik TIM Dosen Prodi Manajemen dan Tehnik Industri UMG dalam rangka pelaksanaan hibah pengabdian masyarakat RISETMu menyelenggarakan workshop tentang Digital Commerce dan Peningkatan kapasitas E-Branding UKM Di Majelis Ekonomi Kewirausahaan Muhammadiyah pada 25 hingga 26 November 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung I5.09 UMG tersebut bertujuan untuk membantu pergerakan UMKM yang ada di Kabupaten Gresik.

Dosen Prodi Manajemen yang terlibat secara langsung pada kegiatan tersebut adalah :  Abdurrahman Faris (Dosen Manajemen UMG sekaligus Sekretaris Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PDM Gresik), Maulidyah Amalina Rizqi (Dosen Manajemen UMG), dan Efta Dhartikasari Priyana (Dosen Teknik Industri) dengan pembicara pada acara ini adalah Zainal Arifin yang telah banyak berkirprah di dunia digital, sekaligus aktif dalam Multi Media Pembelaharan Interaktif (MPI) di Gresik.

Banyaknya beragam produk UMKM di pasaran Indonesia, termasuk Gresik, rasanya sangat sayang jika tidak dimaksimalkan dengan optimal. Keterbatasan pengetahuan juga sepertinya menjadi hal yang cukup tidak mudah dalam mempelajari pemasaran digital. Oleh sebab itu TIM RisetMu UMG tergerak untuk dapat membantu UMKM di Gresik dalam memasarkan produk mereka dalam lini digital marketing. Zainal Arifin selaku pemateri yang telah bergerak dalam mata digital Indonesia juga sangat menyayangkan adanya beragam produk UMKM di Indonesia yang kurang begitu interaktif dalam pemasaran.

“Produk UMKM di Indonesia ini banyak, namun sayang, kurang begitu interaktif dalam pemasaran. Hal ini tak lain adalah kurang responsifnya pelaku UMKM dalam menanggapi hal-hal baru yang terjadi di masyarakat. Salah satunya adalah pemasaran lewat digital” sahutnya.

Tak dapat dipungkiri, bahwa masyrakat pengguna digital sudah sangat menjamur dimasyarakat. Oleh sebab itu pemasaran dalam dunia digital sungguh sangat penting dalam penyesuaian terhadap jaman. “Sekarang jamannya digital. Seperti Tik Tok,  jangan lihat joged-jogednya, disana ada banyak customer menunggu” imbuh Zainal.

Banyak platform yang bisa dimainkan dalam dunia digital, salah satunya adalah facebook. “Digital Marketing adalah tempat berjualan kegiatan pemasaran atau promosi dari brand dengan bantuan media digital. Kenapa dunia digital? Karena dunia digital disini bisa mempersingkat waktu penjualan dengan hanya memanfaatkan gedget. Banyak platform yang bisa dipilih. Bisa facebook, google, atau yang lainnya. Semakin banyak komonitas maka konsumen kita semakin banyak,” lengkap Zainal.

Dalam workshop kali ini, peserta diperkenalkan macam-macam digital marketing. Bagaimana cara penggunaan dan pengaplikasian secara benar, terutama banyak disinggung disini penggunaan digital marketing yang ada dalam facebook.

Tak lupa dalam acara ini ada bermacam-macam dorprise yang disediakan panitia, untuk produk UMKM terbaik menurut tim juri. Diantaranya produk UMKM terbaik jatuh pada Anis Zulfiani dengan produk unggulan jahe merah bubuk. Dengan perpaduan berbagai macam empon-empon dengan vaiasi produk beraneka macam, Anis berharap masyarakat lewat produknya tidak susah lagi sehat dengan minum jamu.

Selanjutnya pemenang berikutnya adalah Sulistiana dengan produk unggulan adalah terasi praktis siap pakai. Terasi disini bisa untuk camilan, dan siap pakai, sehingga kita tak perlu lagi membakar atau memasak terasi dahulu jika ingin memakainya.

Pruduk selanjutnya oleh Akhmad Yaslin dengan produk yang dibawa adalah keranjang dari bambu. Produk ini adalah produk pelengkap packaging yang bisa dipesan sesuai kebutuhan, dan memang berbeda dari yang lain yang basisnya adalah makanan.

Abdurrahma Faris selaku Sekretaris Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PDM Gresik mengharapkan bahwa UMG bisa berperan serta dalam memajukan UMKM di kota Gresik. “Digital marketing adalah sesuatu yang harus dikuasai oleh UMKM. Mereka harus bisa menyesuaikan diri dalam pemasaran di jaman sekarang, untuk branding produk UMKM yang ada di Gresik” imbuhnya.

Maulidyah Amalina Rizqi selaku TIM hibah juga akan mengupayakan untuk bisa support UMKM ini. “Selanjutnya akan dipikirkan pendampingan UMKM dalam bentuk pemasaran digital. Selain packaging dan produk itu sendiri yang harus terus diperbaharui menjadi lebih baik,”tambahnya.

umkm 4 new.jpg (173 KB)

Efta Dhartikasari selaku TIM hibah RISETMu ini juga berharap bahwa workshop ini bisa berkelanjutan. “UMKM adalah salah satu wajah Gresik. Dengan membantu mengembangkan UMKM, utamanya di bidang pemasaran, itu sama artinya kita memperkenalkan wajah Gresik” katanya sebagai penutup wawancara (HUMAS UMG)

 


23 January 2022
MUSYDA XXI IMM JAWA TIMUR DI UMG, LAHIRKAN KETUA UMUM DPD IMM PERIODE 2022-2023
22 January 2022
IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH (IMM) JATIM GELAR MUSYAWARAH DAERAH (MUSYDA) XXI DI UMG
20 January 2022
LK3SM-BEM UMG, CIPTAKAN KAMPUS YANG AMAN TANPA KEKERASAN SEKSUAL