Workshop Pendampingan LSLC Program Pengabdian Masyarakat Dosen FKIP-UMG

Gresik – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berupa Workshop Pendampingan Lesson Study for Learning Community (LSLC) yang dalam hal ini bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Rabu (05/02/2020).

3.jpg (113 KB)

Kegiatan ini bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. Pada kegiatan ini terdapat 5 sekolah yang turut serta menjadi peserta dengan menugaskan masing-masing dua orang guru pengampu mata pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PKN, dan Matematika. Sekolah-sekolah yang mengikuti Workshop Pendampingan ini yakni SMPN 6 Bojonegoro, SMPN 3 Bojonegoro, SMPN 1 Trucuk, SMPN 1 Kapas dan SMP Al Aly Kalitidu.blog_2.JPG (797 KB)

Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada tanggal 5 Februari sampai dengan tanggal 12 Februari 2020 dan akan diisi oleh pemateri dari FKIP sendiri yakni Ulfatul Ma'rifah, S.Pd., M.Pd , Dr. Slamet Asari, S.Pd., M.Pd., Dr. Irwani, M.Kes., Fatimatul Khikmiyah, S.Pd., M.Sc., serta Nur Fauziyah, S.Pd. M.Pd. Materi yang disampaikan mencakup lesson study for learning community di sekolah dan di kelas, serta lesson design. Selain diberikan materi, peserta juga melakukan praktek pembuatan rencana pembelajaran untuk mata pelajaran masing-masing.

Kepala Lesson Study Center FKIP UMG, Nur Fauziyah, S.Pd. M.Pd., Menuturkan, acara ini berhasil dari adanya kerjasama antar element.

“Berkat dukungan Dinas Pendidikan Kabupaten bojonegoro, guru - guru dari masing masing sekolah dan teman teman panitia yang bekerja secara kolektif,  Segala hal yang dibutuhkan untuk workshop dapat diatas dengan baik.” Katanya. 

Salah seorang dosen pengisi materi yang juga merupakan dosen program studi Pendidikan Matematika FKIP UMG, Fatimatul Khikmiyah, S.Pd., M.Sc., menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan workshop ini sendiri adalah untuk mendampingi implementasi lesson study untuk guru 6 mata pelajaran di sekolah-sekolah yang dituju.

Blog_1.jpg (876 KB)

Fatimatul menambahkan bahwa setelah kegiatan workshop ini akan diadakan kegiatan open lesson, yakni kegiatan do and observe, pada Selasa (11/02/2020) yang akan datang. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dimana guru-guru akan melakukan trial rencana atau lesson study yang telah mereka buat pada Workshop Pendampingan LSLC untuk diimplementasikan pada siswa mereka di kemudian hari.

(Humas UMG 2020)


10 July 2020
UMG Lakukan KKN secara Daring
09 July 2020
Bambara Food Festival di UMG
07 July 2020
Rektor UMG Gandeng PTPN X dan APTR Siapkan Panen Perdana Tebu Varietas Baru