PANJI UKM MAHAPALA BIRU UMG BERKIBAR, MENANGKAN 2 MEDALI DI AJANG PORPROV 2021

Gresik, UKM Mahapala Biru Universitas Muhammadiyah Gresik patut berbangga, karena 2 medali berhasil diboyong di 2 kelas yang berbeda. Diantara 15 perwakilan atlet arung jeram yang dimiliki Pemkab Gresik, 12 orang yang berangkat mewakili Kab Gresik pada Porprov yang digelar di Lumajang. Diantara 12 atlet tersebut, 1 official dan 4 Atlet dari UKM Mahapala Biru UMG. Diantara tim yang berlaga adalah Siska Arsila Noviyanti dari Prodi Akuntansi, Nofita Arianis Susanti dari prodi Akuntansi, Nurul Fauziyah Durrotul Hikmah Prodi Kesehatan Masyarakat dan Ananda Febri Kusumawardani juga dari Prodi Kesehatan Masyarakat.

Pada hari kamis 30 Juni 2022, tim dari Biru Rafting UMG menyabet juara 3 kelas Slalom lalu di hari berikutnya kemenangan itu lagi lagi diraih oleh tim, mereka meraih juara 2 (medali perak) Arung Jeram di Kelas DRR. Kerja keras dan latihan intensif selama 3 bulan terbayar dengan membawa pulang medali ke Kabupaten Gresik. Menurut Rizal Firdaus selaku official Pemkab Gresik, dari Tim Biru Rafting UMG diterjunkan 2 kelas yakni DRR (Down River Race) dan Slalom.

“Yang dilombakan pada kejuaraan arung jeram kemarin meliputi SPRINT, HEAD TO HEAD, SLALOM dan DOWNRIVER RACE. Nah yang Biru Rafting terjun di 2 kelas yakni Slalom dan DRR” Ujar Mahasiswa Prodi Psikologi tersebut.

arung jeram 2.jpeg (152 KB)

Slalom merupakan jenis lomba dalam arung jeram yang memperlombakan kecepatan dalam mendayung dan mengendalikan perahu melintasi rintangan berupa gawang yang terdapat di badan sungai. Sedangkan Down River Race merupakan jenis lomba dalam arung jeram yang memperlombakan kecepatan tim dalam mendayung perahu pada jarak jauh.

Munurut Nofita Arianis Susanti, salah satu atlet Kab Gresik dari tim Biru Rafting UKM Mahapala Biru mengaku sedikit kesulitan dan capek saat mengikuti berbagai macam latihan fisik dan skill, ditambahh lagi jadwal kuliah yang padat karena masa Ujian Akhir Semester akan tiba.

“Kadang setelah latihan langsung kuliah, atau terbalik setelah kuliah langsung latihan. Jadi kadang capek juga, namun harus tetap seimbang supaya salah satunya tidak ada yang dikorbankan karena sama sama penting” ujar mahasiswa semester 6 Pordi Akuntansi UMG ini.

Sempat tidak diperbolehkan oleh keluarga, para atlet tetap meyakinkan keluarga akan bisa membawa pulang medali dan akhirnya benar benar dibuktikan oleh mereka.

“Berkat doa dan dukungan orangtua kami, akhirnya kami bisa meraih juara di 2 kelas yang dipertandingkan” imbuh Novita.

Rizal menambahkan, kampus UMG juga sangat membantu dan mendukung penuh mahasiswa untuk meraih prestasi, diantaranya kemudahan dalam kebijakan waktu untuk mengikuti perkuliahan, kelonggaran penugasan yang memudahkan para atlet untuk kuliah dan berlatih. 

Tim biru Rafting Mahapala UMG berharap, junior mereka di UKM MAHAPALA Biru bisa meneruskan tongkat estafet untuk bisa berprestasi baik di kancah nasional bahkan internasional.

arung jeram.jpeg (343 KB)

“Intinya berlatih dengan rajin dan berdoa, pada bulan oktober akan ada kejuaraan daerah dan bulan Desember ada kejurnas, jadi masih ada even even lain yang mengharuskan kita untuk kembali berprestasi, mohon doa restunya” tutup Rizal, selaku official dari para atlet kebanggan Gresik umumnya, dan UMG pada khususnya (HUMAS UMG)