UMG BERDUKA, KEHILANGAN SOSOK PEMIMPIN UTAMA YANG ENERGIK DAN MEMBUMI

Gresik, Minggu (18/09) Universitas Muhammadiyah Gresik berduka (UMG), Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik berpulang secara mendadak ke hadirat Allah SWT. Suasana minggu pagi yang ceria meredup seketika menjadi tangis kesedihan dan kehilangan dari segenap civitas akademik Universitas Muhammadiyah Gresik.

Rektor UMG kelahiran 1 Januari 1973 itu wafat Ahad (18/9/2022) pukul 09.30 WIB, di Klinik Satelit Petro GKB, Gresik, setelah bermain bulu tangkis bersama rekan-rekannya. Sebelum disholatkan jenazah disemayamkan di di rumah duka, Jalan Banjarbaru 1 No 2 GKB, Gresik, Jawa Timur. Ribuan Jama’ah masjid berdesakan ikut mensholatkan dan mendoakan beliau tadi malam di Masjid Faqih Usman Kampus UMG setelah shalat Isya. Iringi iringan pelayat membanjiri jalan jalan mengantarkan beliau hingga ke peristirahatan terakhir di Taman Makam Islam Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, pada pukul 19.00 WIB tadi malam.

rektor 1.jpg (115 KB)

Beliau meninggalkan banyak sekali kenangan manis di hati civitas akademik UMG, beliau tidak hanya sebagai sosok pimpinan yang tegas namun juga dikenal sebagai sosok yang humble, membumi dan ramah kepada siapapun. Banyak sekali program yang telah digagas oleh beliau salah satunya yang paling terasa di masyarakat adalah terobosan beliau dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik yang menjadi percontohan nasional dalam hal Pendaftaran Tanah Sistemis Lengkap (PTSL) Program kementerian ATR/BPN melalui mahasiswa KKN mahasiswa.

Genap sudah satu minggu beliau ikut serta dalam keceriaan penyambutan mahasiswa baru (MATAF) tahun 2022-2023, bersama Wamen ATR/BPN Raja Juli Antoni, Ph.D dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, SE. Menurut Gus Yani, Almarhum adalah sosok pemimpin yang kreatif dan inovatif, selalu energik dan senantiasa mendukung program pembangunan yang ada di Kabupaten Gresik, salah satunya adalah program PTSL.

“Pak Rektor UMG ini, masih muda, sangat energik dan selalu mendukung program apapun yang di canangkan oleh Kabupaten Gresik. Beliau selalu bersinergi dengan program program pemerintah Kabupaten Gresik” puji Bupati Gresik saat itu, dan disambut oleh senyum hangat oleh beliau saat pembukaan Masa Ta’aruf 2022/2023 di lapangan tengah UMG.

Perjalanan Karir di UMG

Dr Eko telah banyak melawati pasang surut pergantian pimpinan di Universitas Muhammadiyah Gresik. Dr Eko Budi Leksono adalah dosen PNS ITS yang diperbantukan (DPK) ke UMG. Pada tahun 1998 juga, beliau mendapatkan tugas belajar ke almamaternya: Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS). Pada tahun 2002 Eko Budi Leksono, mendapat amanat sebagai Ketua Program Studi Teknik Industri UMG, tahun 2003-2005. Dia juga pernah merangkap jabatan sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada tahun 2003-2006.

Dia lalu menaiki karier lebih tinggi lagi sebagai Dekan Fakultas Teknik merangkap PR I Pembantu Rektor I Bidang Akademik tahun 2005-2009 dan berlanjut sebagai Wakil Rektor I 2009-2013. Pada tahun 2013, sosok yang aktif di Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Jawa Timur ini mendapat tugas belajar S3 di ITS, mengambil bidang teknik industri.

rektor.JPG (693 KB)

Pada 2019-2021 beliau diminta kembali untuk menjadi Dekan Fakultas Teknik, dan kini di tahun 2021, beliau mendapat amanah dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menjadi orang nomor satu kampusnya, Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik untuk masa jabatan 2021-2025.

Muhammadiyah Sangat Kehilangan

Meninggalnya Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) Dr Eko Budi Leksono ST MT menyisakan banyak duka di hati para kerabat dan rekan rekannya di Organisasi Muhammadiyah, salah satunya adalah Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Abdul Mu'ti M.Ed.  

Sejumlah tokoh hadir memberi penghormatan terakhir. Seperti Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Syafiq A. Mughni, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Prof Biyanto, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dr Hidayatulloh

Prof Dr Syafiq A Mughni menyampaikan ucapan belasungkawa mewakili keluarga besar UMG, warga persyarikatan Muhammadiyah, khususnya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Gresik atas wafatnya Rektor UMG Eko Budi Leksono.

rektor 2.jpg (175 KB)

“Karena betapa pun beliau adalah seorang bapak dan suami yang menjadi teladan bagi keluarganya. Menjadi penyangga bagi kelangsungan kehidupan keluarga. Ditinggal secara mendadak, tentu ini adalah duka yang sangat mendalam” tururnya

Lagi beliau menyampaikan bahwa almarhum adalah aktivis pejuang yang sungguh-sungguh dan dipercaya masyarakat. Mudah-mudahan itu semua menjadi amal kebajikan sehingga mendapat ridha maghfirah dari Allah SWT dan mendapat surga jannatun naim. Selamat Jalan Pak Eko, InsyaAllah Surga menantimu (HUMAS UMG)


24 September 2022
PELATIKAN REKTOR UMG MASA JABATAN 2021-2025 PENGGANTI ANTAR WAKTU
23 September 2022
PROF HAEDAR, KENANG SOSOK HUMBLE REKTOR UMG SAAT TAKZIYAH VIRTUAL
23 September 2022
PROF MU’TI : SEMANGAT MEMBESARKAN MUHAMMADIYAH HARUS TETAP TERPATRI DI HATI