KOLABORASI MAHASISWA, DOSEN DAN BUMDES, GELAR PELATIHAN DESAIN LABEL PRODUK

Gresik- Kolaborasi antara mitra dan Universitas Muhammadiyah Gresik terus dilakukan. Banyak kegiatan yang telah diwujudkan salah satunya adalah dengan implementasi program pengembangan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN yang bersinergi dengan BPN terus dilakukan oleh UMG, salah satunya dengan program PTSL.

KKN tahap 8 bekerjasama dengan BPN diantaranya dilaksakanan di Desa Petung, Kecamatan Panceng. Bekerjasama dengan BUMDes, mahasiswa KKN merencanakan beberapa terobosan yang inovatif dan kekinian. Dimana Digital Marketing, pada saat ini menjadi primadona di dunia industri dan perdagangan. Oleh karena itu, mahasiswa dan dosen memberikan edukasi dan pelatihan tentang desain label produk dan pengenalan Market Place.

BUMDES 1.jpg (108 KB)

Berwirausaha merupakan salah satu dari upaya memenuhi kebutuhan ekonomi, baik keluarga maupun kelompok, khususnya dalam sebuah desa akan menjadi penyokong dan penyumbang ekonomi besar jika UMKM berkembang.

Untuk itu, dalam rangka mendorong ekonomi masyarakat di Desa Petung, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, dengan merangkul BUMDes dan Karang Taruna Desa Petung, mahasiswa KKN Badan Pertanahan Nasional Tahap 8 Universitas Muhammadiyah Gresik beserta Dosen UMG menggelar “Pelatihan Desain Label Produk dan Mengenal Market Place”, Jum’at (16/09).

Acara tersebut dilatarbelakangi potensi usaha yang ada di Desa Petung, terutama bagi BUMDes dan Karang Taruna yang pernah mengadakan Talkshow Manajemen Toko Online di Era Milenial. Sehingga pelatihan ini diharapkan mampu mendorong BUMDes dan anak muda Karang Taruna untuk meningkatkan perekonomian desa.

Muhammad Rafly Ramadhani, Ketua Pelaksana mengatakan bahwa pelatihan ini adalah bentuk dari pemberdayaan untuk meningkatkan perekonomian, terutama mengajak BUMDes dan anak muda Karang Taruna bahwa pentingnya label produk dan mengenal marketplace sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan nilai jual produk.

“Diharapkan setelah kegiatan ini peserta dapat mengimplementasikan untuk berwirausaha untuk meningkatkan perekonomian desa khususnya di BUMDes Dharmawangsa Petung agar lebih berkembang dan maju lagi” ujar Rafly, Jum’at (16/09/2022)

BUMDES 3.jpg (97 KB)

Dra Eka Srirahayu pembimbing DPL KKN di Desa Petung menyampaikan Semoga dengan adanya pelatihan desain label produk dan mengenal marketplace ini sedikit banyak dapat membantu mendorong dan mengembangkan perekonomian desa, khususnya di BUMDes Dharmawangsa Petung.

Sementara itu, Muhammad Asrofi’ mengapresiasi atas digelarnya kegiatan tersebut. Ketua BUMDes Petung itu mendukung penuh pelatihan yang digelar oleh Mahasiswa KKN dan Dosen UMG tersebut.

“Saya tentunya sangat senang dan terimakasih dengan digelarnya pelatihan ini. Apalagi, label produk dan marketplace ini penting sebagai salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan niai jual produk” ungkapnya.


24 September 2022
PELATIKAN REKTOR UMG MASA JABATAN 2021-2025 PENGGANTI ANTAR WAKTU
23 September 2022
PROF HAEDAR, KENANG SOSOK HUMBLE REKTOR UMG SAAT TAKZIYAH VIRTUAL
23 September 2022
PROF MU’TI : SEMANGAT MEMBESARKAN MUHAMMADIYAH HARUS TETAP TERPATRI DI HATI