PROF HAEDAR, KENANG SOSOK HUMBLE REKTOR UMG SAAT TAKZIYAH VIRTUAL

Gresik, Kabar duka masih sangat dirasakan oleh warga Universitas Muhammadiyah Gresik karena Universitas Muhammadiyah Gresik, yakni kehilangan sosok pemimpin yaitu Rektor Universitas Muhammadiyah Gresik Dr. Eko Budi Leksono, S.T., M.T di usia yang ke-49. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 18 September 2022 pukul 09.30 di Klinik Satelit Petro GKB.

Berbagai karangan bunga datang menghampiri kediaman Alm. Dr. Eko hingga di Kampus Universitas Muhammadiyah Gresik sebagai tanda bela sungkawa atas kepergian beliau yang sangat mendadak. Universitas Muhammadiyah Gresik, diselimuti duka yang mendalam dan civitas akademik UMG sangat merasa kehilangan sosok pemimpin dan mentor layaknya Alm. Dr. Eko.

TV 1.jpg (181 KB)

Sebagai bentuk rasa hormat kepada Almarhum dan keluarga serta untuk mengenang semua jasa baik yang pernah dilakukan oleh beliau, civitas akademik Universitas Muhammadiyah Gresik mengadakan Takziyah virtual melalui zoom meeting (21/09). Hadir secara virtual, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si., Ketua Majelis DIKTILITBANG PP Muhammadiyah Prof. Lincolin Arsyad, M. Sc., P.hD, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur Dr. KH. Sa’ad Ibrahim, M.A, Ketua BPH Universitas Muhammadiyah Gresik Prof. Dr. H. Biyanto, M.Ag, serta keluarga besar Almarhum Dr Eko, hingga berbagai Kolega seperti Bupati Gresik, Kapolres Gresik, Ketua ATR/BPN Gresik, LLDIKTI dan Kolega lainnya.

Ucapan terimakasih yang tak terhingga disampaikan oleh istri almarhum, Dr Siti Musyarofah, SE, M.Si, AK CA. Dosen Akuntansi Universitas Trunojoyo Madura ini menuturkan bahwa Almarhum dari dulu sudah bercita-cita untuk dapat mengabdi di Muhammadiyah. Sambil terbata beliau memberi kesaksian bahwa selama hidupnya Almarhum tak hentinya bekerja dan mencurahkan sebagian pikirannya untuk kemajuan Muhammadiyah khususnya Universitas Muhammadiyah Gresik.  

“Beliau adalah sosok ayah, suami, teman berdiskusi, sahabat yang sangat luar biasa. Sejak muda beliau telah mempunyai impian untuk membesarkan nama Muhammadiyah, dan salah satu puncaknya adalah saat Alm menjadi Rektor. Seluruh pikiran, jiwa dan raga dicurahkan untuk mewujudkan Universitas Muhammadiyah Gresik yang berkemajuan dan sesuai dengan visi misi” tuturnya

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si menyampaikan duka yang sangat mendalam. Dalam tausiyahnya beliau menyampaikan bahwa semua mahluk di dunia ini akan kembali lagi ke Penciptanya, dan tidak ada satupun mahluk yang bisa menghindari ajal termasuk ulama sekalipun.

TV 4.jpg (127 KB)

“Alm. Dr. Eko Budi Leksono ini merupakan pribadi yang energik, memiliki semangat yang luar biasa. Saat sayang datang  berkunjung ke kota Gresik bertemu langsung dengan Dr. Eko yang memperlihatkan bahwa beliau memiliki aura yang sangat dinamis, memiliki wawasan yang luas serta memiliki komitmen dan visi untuk memajukan Universitas Muhammadiyah Gresik.” Pungkasnya.

Kepergian “Konco Plek” (sebutan Alm Dr. Eko), telah menorehkan duka yang mendalam bagi Univeritas Muhammadiyah Gresik. Sosok humble dan membumi kini telah pamit meninggalkan kita semua untuk bertemu lebih dulu dengan sang Penciptanya. Selamat Jalan Dr Eko cita cita dan impian mu akan terus kita wujudkan.


24 September 2022
PELATIKAN REKTOR UMG MASA JABATAN 2021-2025 PENGGANTI ANTAR WAKTU
23 September 2022
PROF HAEDAR, KENANG SOSOK HUMBLE REKTOR UMG SAAT TAKZIYAH VIRTUAL
23 September 2022
PROF MU’TI : SEMANGAT MEMBESARKAN MUHAMMADIYAH HARUS TETAP TERPATRI DI HATI