Gresik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gresik Pada Hari Pendidikan Nasional 2025 mengadakan kegiatan FGD Lesson Study yang merupakan salah satu upaya nyata FKIP dengan 4 prodinya (Pend. Matematika, Pend. B.Inggris, PGSD dan PPG) dalam membangun budaya kolaboratif di lingkungan dosen. Kami percaya bahwa perencanaan pembelajaran yang baik harus lahir dari proses diskusi, refleksi, dan keterbukaan terhadap masukan. Melalui forum ini, kami ingin memastikan bahwa lesson plan yang disusun tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga relevan, kontekstual, dan berpihak pada kualitas pembelajaran mahasiswa.
FGD ini difokuskan untuk memperkuat kualitas lesson plan yang sedang disusun para dosen. Melalui kegiatan Lesson Study, kami mendorong praktik kolaboratif yang berorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran secara berkelanjutan. Kegiatan ini dikoordinasikan oleh salah satu dosen FKIP yang berpengalaman Lesson Study di jepang, ibu Ulfatul Ma'rifah, M.Pd.
FGD Lesson Study ini, kami berharap kegiatan seperti ini menjadi bagian dari budaya akademik di FKIP yang akan terus bisa kita laksanakan secara berkelanjutan. Lesson Study bukan sekadar evaluasi rencana mengajar, tapi juga ruang untuk tumbuh bersama sebagai pendidik profesional, ujar Dekan FKIP.
Kami sangat mengapresiasi keterlibatan aktif seluruh dosen FKIP dalam kegiatan ini. Semoga melalui diskusi hari ini, kita dapat melahirkan ide-ide pembelajaran yang lebih segar, kreatif, dan berdampak langsung bagi mahasiswa.(Humas-UMG).