Gresik, Universitas Muhammadiyah Gresik menyelenggarakan sharing session Peningkatan Sumber Daya dan Strategi Penerimaan Mahasiswa Baru bersama dengan Rektor Universitas Prof DR HAMKA Jakarta di Hall Sang Pencerah Lnt 8 Gedung E UMG (10/22). Kegiatan tersebut dihadiri secara langsung oleh Prof. Dr. Gunawan Suryoputro, M.Hum, Rektor Universitas Prof DR HAMKA, Kepala Humas Prof DR UHAMKA, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMG, Prof. Dr Biyanto, M.Ag, serta jajaran para Wakil Rektor I, II, III dan jajaran Ka.Biro, Dekan beserta Kaprodi UMG.
Kegiatan Sharing Session di awali dengan pembukaan sekaligus sambutan dari Ketua BPH UMG, Prof. Dr Biyanto M.Ag. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa kegiatan sharing session ini adalah sesuatu yang sangat menarik dan patut kita jadikan sebagai amunisi baru untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan strategi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Lingkungan Univesitas Muhamamdiyah Gresik.
“Saya berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas SDM dan memperkuat strategi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ini di Universitas Muhammadiyah Gresik. Kita belajar bersama dari UHAMKA, bagaimana trik dan cara UHAMKA untuk menggaet mahasiswa baru dan menyerap ilmu yang disampaikan oleh Prof. Dr. Gunawan dalam hal promosi dan peningkatan SDM” tutur beliau.
Suwarno, SE, M.Si, Wakil Rektor III UMG, yang menjadi moderator dalam kegiatan sharing session hari ini, menuturkan bahwa kegiatan ini adalah ajang yang sangat bermanfaat terutama bagaimana tips dan trik UHAMKA untuk dapat menggaet mahasiswa baru.
Dalam acara sharing session bersama Prof. Dr. Gunawan, Rektor UHAMKA, beliau memberikan materi tentang strategi marketing dan promosi untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) terutama Dosen dan Tenaga Kependidikan yang kreatif dan inovatif. Banyak hal yang harus di telaah dan dibenahi dalam manajemen penerimaan mahasiswa baru.
“Saat ini, tren sumber penerimaan mahasiswa baru bergeser dari yang dulunya dari saudara/kerabat mahasiswa, alumni atau dosen, bergeser ke Sosial Media. Seharusnya Promosi tidak hanya dilakukan oleh Biro Admisi dan Humas saja tapi juga seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Gresik dengan bersama sama meningkatkan branding UMG, dimana pemegang komando Utama adalah pada Biro tersebut. Biro Promosi harus mempunyai database calon mahasiswa baru, untuk dapat dilakukan maintenance hingga masuk dan menjadi mahasiswa baru UMG” jelas beliau.
Prof Dr. Gun juga menjelaskan bahwa diperlukan strategi yang matang untuk menjaring mahasiswa baru. Banyak hal yang dilibatkan seperti maintenance and managing social media, integrasi dengan beberapa media partner dan mengolah serta menindaklanjuti data calon mahasiswa yang telah masuk dalam database yang kita punya. 7 kunci strategi marketing diantaranya adalah : physical environment, product, price, place, people, process, dan promotion.
“Pada Sumber Daya Manusia (people) yang perlu dimaksimalkan adalah Rekrutmen Tim Admisi dan Promosi yang memiliki kredibilitas serta selalu mengutamakan target capaian jumlah mahasiswa baru, Customer Service, dan training. Dimana masing masing komponen mempunyai peran yang penting serta krusial dan harus segera dipenuhi untuk dapat meningatkan penerimaan mahasiswa baru (PMB) di Univeristas Muhammadiyah Gresik” imbuh beliau (HUMAS UMG).