BAGAIMANA PERJUANGAN MARITIM INDONESIA DI ERA MILLENIAL?

Oleh : Yulia Ayu Nastiti, S.T., M.T.

Dosen : Teknik Kontruksi Perkapalan

 

Millenial merupakan sebuah Era yang melepaskan dunia politik Indonesia dari belenggu rezim otoriter Orde Baru menjadi awal demokrasi yang lebih terbuka dan liberal. Dalam era millenial ini, otonomi yang luas kemudian diberikan kepada daerah dan tidak lagi dikuasai sepenuhnya oleh Pemerintah Pusat (desentralisasi). Dengan kondisi ini seharusnya dunia maritim bergerak aktif untuk mengembangkan potensi daerah mengingat Indonesia termasuk dalam negara kepulauan dan sebagian besar wilayahnya di dominasi perairan. Sehingga akan lebih cepat perkembangan jika setiap daerah mengembangkan potensi wilayahnya.

Seiring bertambah tuanya usia sebuah negara tidak serta merta menunjukkan akhir perjuangan dari sebuah bangsa. Bukan lagi penjajah yang menjadi lawan di Era ini melainkan teknologi dan tingkat ekonomi. Sistem pembangunan berkelanjutan dianggap menjadi opsi paling tepat sebagai wujud perjuangan yang dilakukan secara terus menerus. Mengutip slogan yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut Indonesia yaitu “Jalesveva Jayamahe” dengan makna “Justru di Laut Kita Jaya”. Lalu bagaimana langkah kita untuk ikut berjuang ?

1. Menjaga ekosistem kelautan.

Hal paling sederhana adalah dengan tidak membuang sampah anorganik di sembarang tempat. Tantangan untuk melawan sifat malas dan acuh tak acuh terhadap lingkungan merupakan salah satu bentuk perjuangan yang dapat kita lakukan untuk melestarikan ekosistem kelautan. Tujuan pembangunan berkelanjutan bukan didasarkan pada “menggunakan” alam, sebaliknya justru berfokus untuk “menjadi bagian dari alam”.

2. Membudayakan mencintai produk dalam negeri.

Mencintai produk dalam negeri merupakan Ideologi nasionalisme yang terdapat dalam nilai sila ke 3 Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. Mengkonsumsi produk dalam negeri akan mempertahankan ekonomi bangsa. Semakin banyak produk yang terdistribusi dan digunakan makan semakin banyak pula produk tersebut dihasilkan, efeknya adalah meningkatkan kebutuhan jumlah pekerja dan mengurangi angka pengangguran. Salah satu wujud dari produksi negeri dibidang kelautan perikanan adalah Mina Laut.

3. Mendukung operasional tol laut dengan menjaga sarana yang tersedia.

Tol laut adalah sebuah sistem transportasi yang ditujukan untuk mempermudah pendistribusian barang kedaerah-daerah terpencil. Tidak seperti yang dibayangkan bahwa tol laut merupakan jalan bebas hambatan yang dibuat di atas laut. Tetapi berwujud jalur pelayaran bebas hambatan kapal yang menghubungkan hampir seluruh pelabuhan. Beberapa manfaat dari operasional tol laut yakni akan menurunkan harga barang di daerah tertinggal, memperkuat jati diri bangsa sebagai negara maritim terbesar dunia, meningkatkan kemandirian daerah tertinggal, serta meningkatkan pembangunan infrastruktur.

 

“Makna pahlawan masa kini tidak harus selalu mengangkat senjata dan gugur di medan perang. Siapa  pun kita adalah pahlawan yang berjuang untuk mengendalikan dan menempatkan diri untuk kepentingan masyarakat”

 

Selamat Hari Pahlawan

10 November 1945 - 2021


19 January 2022
“BONEKA ARWAH (SPIRIT DOLL)” FENOMENA KEGERSANGAN ILMU DAN IMAN
14 January 2022
AUM SEBAGAI LADANG DAKWAH DAN AMAL SALEH
02 January 2022
AWAL TAHUN, HARUSKAH AWAL RESOLUSI BARU?