MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK UNTUK SETIAP ANAK DI DUNIA

Oleh : Fitri Ayu Fatmawati, S.Pd, M.Pd

Kaprodi Pendidikan Anak Usia Dini UMG

 

Anak adalah amanah sekaligus karunia Tuhan Yang Maha Esa yang harus kita jaga, karena dalam diri anak melekat harkat, martabat dan hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi dan dipertahankan. Seperti halnya dengan orang dewasa, anak juga memiliki hak dengan tanpa ada diskriminasi yang akan menghambat anak untuk mendapatkan haknya.

Hari ini Tanggal 20 November 2021 adalah hari dimana selalu diperingati sebagai hari anak sedunia. Pada konversi yang diselenggarakan PBB (Persyarikatan Bangsa-Bangsa) pada tahun 1989 telah disepakati bahwa dunia mengakui setiap keunikan anak dan memberikan mereka perlindungan, pendidikan yang layak serta kesehatan. Akan tetapi, pandemiCovid-19 memberikan dampak yang luar biasa yang mengakibatkan krisis akan hak anak. Beban akibat pandemi yang menyerang anak bersifat secara langsung dan jika tidak segera teratasi  maka dapat melekat seumur hidup.

Perayaan Hari Anak Sedunia ini menjadi momen yang penting untuk mengembalikan hak anak yang sempat terkikis serta menyeruhkan kepada setiap orang dewasa untuk turut dalam menciptakan sebuah masa depan yang lebih baik untuk setiap anak dengan cara memperhatikan hak-hak yang harus didapatkan oleh anak. Lalu, apa yang harus diperhatikan dalam pemenuhan hak anak ?

1. Non-Diskriminasi

Berlaku untu ksetiap anak tanpa terkecuali tanpa memandang jenis kelamin.keyakinan atau bahkan kewarganegaraan

2. Berdasarkan kepentingan anak

Semua tindakan dan keputusan harus berdasarkan kepentingan terbaik setiap anak bukan terbaik untuk orang dewasa

3. Hargai pendapat anak

Apapun itu pendapat anak, jadilah orang dewasa yang mendengarkan pendapat anak, hargai partisipasinya.

4. Hak hidup dan berkembang

Selalu memberikan yang terbaik untuk kesehatan anak agar anak bisa bertahan hiduo dan tumbuh menjadi manusia yang kuat dan sehat.

 

Saatnya kita melindungi anak tanpa syarat, tanpa pilih kasih dan tanpa memandang anak dari status hukum, urutan kelahiran anak, status sosial serta berbagai pendapat yang dicap-kan kepada anak.

 

Pemimpin Yang Hebat Berasal Dari Mimpi Seorang Anak.

Dukung Hak Dan Kebebasan Anak Untuk Meraih Cita-Citanya.

Selamat Hari Anak Sedunia


19 January 2022
“BONEKA ARWAH (SPIRIT DOLL)” FENOMENA KEGERSANGAN ILMU DAN IMAN
14 January 2022
AUM SEBAGAI LADANG DAKWAH DAN AMAL SALEH
02 January 2022
AWAL TAHUN, HARUSKAH AWAL RESOLUSI BARU?