4 Tips Supaya Kuliah Tidak Mahal

Kuliah tidak mahal adalah sebuah mindset yang perlu ditanamkan sejak dini. Dengan adanya mindset tersebut maka kamu akan bisa mempertimbangkan untuk tetap semangat kuliah tanpa harus terkendala oleh biaya yang harus dikeluarkan nantinya. Pasalnya, memang banyak orang yang menganggap bahwa kuliah itu mahal sehingga pada akhirnya mereka tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dari sini kamu bisa melihat bahwa kuliah tidak mahal sebetulnya adalah hal yang mudah untuk dicapai. Selama semua bisa dijalani dengan tepat dan kamu tahu cara melakukannya.

1. Ikut Beasiswa 

Person Using Laptop Computer during Daytime

Sebuah cara ampuh yang akan menanamkan mindset bahwa kuliah tidak mahal. Ini adalah sebuah upaya dimana kamu mendapatkan bantuan biaya tambahan untuk menunjang kuliahmu. Dengan mengikuti beasiswa, sudah pasti kamu akan memiliki dana yang cukup sebagai tambahan untuk perkuliahan, atau bisa jadi untuk membayar SPP. Jika sudah demikian, kamu akan bisa mendapatkan keuntungan. Dimana biaya kuliah pun juga akan bisa terminimalisir dengan baik.

2. Bekerja Part-Time

4 Tips Supaya Kuliah Tidak Mahal

Bekerja part time juga akan membuatmu mendapatkan uang dengan cara mandiri selama kuliah. Selain itu juga bisa mengasah kemampuan dan keberanianmu untuk bekerja mencari uang dengan skill dan kemampuan yang dimiliki saat ini. Kamu masih mudah dan fresh tentunya memiliki stamina yang cukup untuk ditempatkan pada hal-hal yang produktif. Jika sudah demikian, kamu bisa mencoba untuk bekerja Part Time. Jadi uang pun menjadi sebuah hal yang tidak masalah dan membantu menanamkan mindset bahwa kuliah tidak mahal.

3. Mengikuti jalur SBMPTN dan Jalur Masuk Kuliah yang terjangkau 

Photo of Pathway Surrounded By Fir Trees

Jadi ada banyak sekali jalur masuk kuliah yang menyediakan biaya terjangkau, tapi kamu bisa berkuliah di kampus negeri dengan kualitas lebih baik. Dari sini, yang haus kamu lakukan adalah mengikuti SBMPTN, Jalur Prestasi, dan lain sebagainya yang diselenggarakan oleh pihak kampus. Kamu bisa mencari informasinya dengan mudah melalui website kampus yang kamu pilih, atau bisa juga dengan datang langsung ke kampus terkait dan meminta brosur yang tersedia. Dari sini akan lebih banyak lagi yang akan bisa kamu dapatkan nantinya.

4. Belajar Berhemat saat Kuliah 

Hasil gambar untuk berhemat />

Kuliah tidak mahal jika kamu bisa mengelola keuangan dengan baik. Pastikan bahwa kamu belajar berhemat ketika kuliah. Dengan belajar berhemat, sudah pasti hal tersebut akan memudahkan kamu untuk bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Pada dasarnya, kuliah itu memang penting untuk dilakukan. Jangan hamburkan uang untuk hal-hal yang jauh dan bahkan tidak berhubungan dengan perkuliahan. Cobalah untuk berhemat sehingga kamu akan memiliki spare yang cukup saat ada kebutuhan kuliah yang mendesak. Jangan terpengaruh oleh gaya hidup hedonisme dan pastikan kamu menjadi mahasiswa yang disiplin menerapkan Money Management.


05 March 2020
Virus COVID-19: Penyebab dan Penyembuhan
12 February 2020
Bagaimana Menyikapi Virus Corona Pada Kesehatan Masyarakat
27 January 2020
4 Tips Supaya Kuliah Tidak Mahal