GURU YANG TANGGUH, MELAHIRKAN GENERASI TANGGUH DI MASA DEPAN

Oleh : Nanang Khoirul Umam, S.Pd., M.Pd

Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

 

Guru…

Satu-satunya profesi yang dapat menghasilkan profesi-profesi lainnya.

Peran guru di zaman sekarang tidaklah mudah, khususnya dalam membentuk karakter peserta didik. Lengah sedikit saja dapat berakibat sangat fatal yang dapat merusak moral anak Indonesia. Guru harus mendapat dukungan penuh dari semua unsur yang terlibat dalam ranah pendidikan.

Seperti yang kita ketahui, saat ini kasus-kasus di dunia pendidikan semakin bertambah banyak. Mulai dari pemukulan terhadap guru yang dilakukan peserta didik maupun orangtua bahkan sampai pada tahap penganiayaan yang mengakibatkan trauma. Sebuah analogi yang sering dijadikan bahan perdebatan adalah, guru melakukan pelecehan seksual karena memegang pundak peserta didik padahal usia anak tersebut masih pada jenjang sekolah dasar. Terkadang perilaku yang dilakukan guru tersebut merupakan wujud cinta kasih yang tulus kepada anak didiknya, namun beberapa oknum menganggap bahwa itu salah satu satu bagian dari unsur kejahatan pelecehan seksual anak di bawah umur. Muncul pertanyaan, “Siapa yang salah? Guru!?

Saat ini adalah Hari Guru, momen yang tepat bagi kita agar memberikan dukungan penuh kepada semua guru untuk membentuk karakter peserta didik dengan memaknai serta melanjutkan semboyan Bapak Pendidikan Indonesia, yakni Ki Hajar Dewantoro, melalui pendidikan dan diaplikasikan dalam konsep pembelajaran.

Ing ngarso sung tulada

Guru selalu memberikan contoh untuk peserta didik dan juga menjadi teladan bagi semua masyarakat seperti dalam bersikap maupun bertindak.

Ing madyo mangun karsa

Guru senantiasa berada di tengah-tengah peserta didik untuk selalu menghasilkan karya bagi peserta didik dan menghasilkan ide-ide baru

Tutwuri handayani

Peran guru pada saat di belakang peserta didik adalah memberikan dorongan agar kelak menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

 

SELAMAT HARI GURU, ENGKAU ADALAH ORANG YANG SELALU MEMBERIKAN NILAI-NILAI POSITIF TANPA MENGHARAP IMBALAN NILAI YANG LAIN.


19 January 2022
“BONEKA ARWAH (SPIRIT DOLL)” FENOMENA KEGERSANGAN ILMU DAN IMAN
14 January 2022
AUM SEBAGAI LADANG DAKWAH DAN AMAL SALEH
02 January 2022
AWAL TAHUN, HARUSKAH AWAL RESOLUSI BARU?