Bagaimana Menyikapi Virus Corona Pada Kesehatan Masyarakat

Oleh dr. Abdur Rivai, M.Kes. (Dekan Fakultas Kesehatan)

Apa itu virus Corona? Virus Corona yang terjadi di Wuhan atau Novel Coronavirus atau 2019-nCoV adalah termasuk dalam familia virus viridae,  sebenarnya satu keluarga dengan virus yang lain yaitu SARS dan MERS. Penyakit ini adalah virus yang menyerang bagian paru paru manusia, terutama menyerang pada rongga Alveoli yang ujung sistem pernapasan yang menghubungkan antara udara dan pembuluh darah.

Gejala ketika tubuh sudah terserang virus corona

  1. Panas diatas 38 derajat celsius yang dapat dideteksi oleh thermoscaner.
  2. Sering letih dan lesu
  3. Timbul batuk kering
  4. Timbul infeksi pada tenggorokan yang mengakibatkan batuk basah dan disertai pilek
  5. Ciri khas adalah terjadinya Pneumonia atau radang pada alveoli, sehingga mengganggu aliran nafas dan udara tidak bisa masuk kedalam sel darah yang akan mengakibatkan tanda Sesak Nafas dan jika muncul sesak nafas maka harus dirujuk kerumah sakit untuk dilakukan observasi dan pemeriksaan lanjut..

Sedangkan penyakit SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrom, yang muncul pertama kali di Provinsi Guangdong China pada November 2002, juga terjadi gejala yang sama yaitu Pneumonia atau radang paru, yang lebih ganas oleh karena angka kematiannya lebih tinggi.

Pada Tahun 2012 terjadi epidemi Penyakit MERS atau  Middle Est Respiratory Syndrome yang menyerang daerah Timur Tenah pada tahun 2012 yang juga terjadi pneumonia dengan gejala sesak nafas. Ketiga virus Corona sama-sama membahayakan sama-sama terjadi Pneumonia sama sama dapat menyebabkan kematian.

Pneumonia juga terjadi jika terinfeksi virus influza. Kita Kenal beberapa virus influenza  antara lain Vurus Influensa H5N1 yang dikenal dengan flu burung H5N1, Virus influensa H1N1 yang dikenal dengan virus flu babi H1N1 (new)

Virus corona virus dan virus influenza adalah virus yang mudah terjadi perubahan genetik akibat perubahan lingkunganya yang merupakan bentuk adaptasi virus untuk mempertahankan diri, sehingga untuk inflenza terdapat 144 jenis virus dengan kombinasi H 1 sampai H16 dan N1 sampai N9. Virus Influenza ada yang ganas atau mematikan  (hight patogenetic) dan ada yang tidak ganas atau tidak mematikan (low pathogenetic)

Sedangan virus corona sama dengan virus influenza, disinyalir mudah terjadi perubahan bentuk sehinga timbul corona virus wuhan, corona virus MERS dan corona virus SARS. Berdasarkan CNN Indonesia pada 10 Feb 2020 ditemukan 40.171 kasus dengan kematian 908 atau 2,26%.

Dan virus corona ini masih dalam penyelidikan dan dipastikan penyakit ini berasal dari binatang yang yang dapat menyerang pada manusia atau Zoonosis, binatang tersebut antara lain kelelawar, ular dan perlu diwarpadai pada binatang burung, anjing, babi.

Walaupun demikian tidak semua orang bisa terkena virus corona karena setiap orang memiliki kekebalan tubuh yang berbeda beda, sehingga upaya mencegah perlu dilakukan upaya peningkatan kekebalan tubuh. .

Macam – Macam Pencegahan ini terbagi menjadi 4 yaitu : Primordial, Primer, Sekunder, Tersier

Pencegahan Primordial adalah pencegahan yang dilakukan sebelum datangnya penyakit antara lain  dengan Makan Makanan bergizi yang seimbang, melakukan olahraga dan istirahat yang cukup

Pencegahan Primer adalah pencegahan dimana penyakit sudah berada disekitar kita antara lain dengan

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  • Hindari menyentuh Mata, Hidung, dan Mulut dengan tangan yang belum dicuci
  • Hindari kontak dekat degan orang yang sakit
  • Tinggal di rumah jika sedang sakit
  • Gunakan masker
  • Imunisasi

Pencegahan Sekunder adalah pencegahan pada saat kuman sudah masuk ke dalam tubuh antara lain deteksi dini dan pengobatan secepatnya, sehingga seseorang yang panas disertai nafas cepat dan nafas sesak segera dilakukan pemeriksaan ke tenaga kesehatan, untuk mengetahui penyebab dan mendapatkan pengobatan secepatnya.

 

Pencegahan Tersier adalah pencegahan untuk menghindari terjadi kecacatan yang lebih parah.


05 March 2020
Virus COVID-19: Penyebab dan Penyembuhan
12 February 2020
Bagaimana Menyikapi Virus Corona Pada Kesehatan Masyarakat
27 January 2020
4 Tips Supaya Kuliah Tidak Mahal