BADAN BUGAR IBADAH LANCAR DI BULAN RAMADHAN

Oleh : Rizka Esty Safriana, SST., M.Kes

Kaprodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Fakultas Kesehatan UMG

 

Puasa Ramadhan bagi umat muslim tidak hanya sekedar sebuah ritual tetapi salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan. Puasa bukan hanya menahan diri dari haus dan lapar, tetapi juga untuk belajar mengendalikan diri baik dari amarah, nafsu, dan segala bentuk kemungkaran. Beberapa orang beranggapan dengan berpuasa akan membuat tubuh menjadi lemas sehingga menurunkan produktifitas.

Tentu kita semua berharap selama bulan Ramadhan kita dapat beribadah dengan maksimal untuk meraih berkahnya. Agar puasa  kita ini dapat dijalani dengan sehat dan bugar, berikut beberapa tips yang dapat dicoba

1. Tidur cukup

Rasulullah menganjurkan untuk tidur setelah sholat Isya karena salah satu hikmahnya adalah agar kita bisa beribadah di sepertiga malam terakhir. Normalnya manusia membutuhkan waktu tidur sebanyak 7-8 jam, sehingga dapat dipenuhi dengan memulai tidur setelah shalat tarawih agar saat sahur tubuh lebih siap.

Bukan berarti seorang muslim dilarang untuk beraktivitas setelah sholat Isya, hal tersebut tetap diperbolehkan namun tidak dilakukan hingga larut atau begadang. Dengan menjaga pola tidur yang baik dapat meningkatkan imunitas tubuh.

2. Menjaga pola makan

Rasulullah sangat menganjurkan sahur saat berpuasa. Salama berpuasa tentunya tubuh tidak akan mendapat asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12-13 jam. Sehingga penting untuk menjaga asupan makanan dan minuman untuk menjaga kesehatan dimasa pandemi saat ini. Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur adalah yang mengandung karbohidrat dan juga serat. Selain itu dianjurkan mengkonsumsi cukup air mineral untuk kebutuhan cairan tubuh.

Jika waktu sahur dianjurkan di akhir waktu, maka pada saat berbuka dianjurkan untuk diawal waktu. Berbuka puasa dapat diawali dengan mengkonsumsi  makanan yang segar seperti kurma dan buah-buahan lainnya. Kurma dan buah-buahan banyak mengandung mineral dan serat sehingga tubuh dapat kembali segar.

Sebaiknya hindari langsung memakan makanan berat ketika berbuka puasa karena dapat memicu masalah pada organ pencernaan. Makanlah dengan cukup dan tidak berlebihan.

3. Olahraga

Setiap muslim wajib menjaga kesehatan tubuhnya salah satunya dengan berolahraga. Tubuh yang bugar akan meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Olahraga yang dapat dilakukan saat bulan Ramadhan adalah olahraga ringan dengan memperhatikan waktu dan durasi. Waktu yang tepat untuk berolah raga adalah setelah sholat subuh dan sebelum waktu berbuka.

4. Merilekskan pikiran 

Selain asupan nutrisi dan olahraga, menjaga kesehatan jiwa dan pikiran juga diperlukan. Selama berpuasa dianjurkan untuk menahan hawa nafsu dan amarah, karena amarah yang tidak terkendali selain berdampak buruk bagi diri sendiri juga berdampak buruk untuk lingkungan sekitar. Bagi tubuh, kemarahan dapat memicu tekanan darah sehingga meningkatkan resiko serangan jantung. Bagi lingkungan, seorang yang pemarah mudah kehilangan akal dan bisa saja merusak banyak hal yang ada disekitarnya.

 

Itulah beberapa tips yang dapat dipraktikkan agar kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan dapat melaksanakan amalan-amalan lain untuk meraih berkah Ramadhan. Tidak ada alasan untuk bermalas-malasan selama berpuasa ya...

 

 TUBUH YANG SEHAT DAN JIWA YANG BAHAGIA SIAP MERAIH KEMENANGAN BULAN RAMADHAN.


16 May 2022
MUHAMMADIYAH ITU SOFTWARE ATAU HARDWARE?
28 April 2022
IMPLEMENTASI KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA DI BIDANG INDUSTRI
21 April 2022
KALIAN ADALAH WANITA HEBAT, DENGAN CARA KALIAN SENDIRI (SPIRIT R.A KARTINI)