IMPLEMENTASI KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA DI BIDANG INDUSTRI

Oleh : 

Moh. Dian Kurniawan, ST., MT., IPM

Ka. Prodi Teknik Industri

 

Dewasa ini isu tentang penerapan K3 (kesehatan dan keselamatan Kerja) sangat santer diperbincangkan dan masuk dalam forum Badan Buruh Internasional atau istilah International Labour Organization (ILO) yang dikaitkan dengan kondisi dunia menghadapi wabah pandemi covid-19, selain terkait dengan pandemi Covid-19, K3 (kesehatan dan keselamatan Kerja) ini dalam dunia Industri merupakan upaya perlindungan untuk para pekerja yang memiliki arah tujuan memberikan hak pekerja sebagaimana mestinya dilingkungan tempat perusahaan mereka berkerja.

Perlindungan yang dimaksud dalam upaya K3 (Kesehatan dan keselamatan kerja ) bagi para pekerja adalah perusahaan atau Dunia usaha dunia Industri (DUDI) memberikan kepastian keamanan dan kesehatan untuk mencegah dan meminimalisir potensi kecelakaan kerja yang mungkin terjadi selama pekerja menjalankan tugasnya.

Adapun dasar hukum pelaksanaan K3 di Indonesia yang menjadi landasan bagi Dudi (Dunia usaha dunia Industri ) antara lain Undang – undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja. Undang – undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan. Dan peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2012 tentang penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Didalam regulasi tersebut menyatakan bahwa perusahaan atau pemberi kerja harus memperhatikan kondisi perkerja dengan melakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan mental pekerjanya secara berkala. Adapun tingkat potensi bahaya tinggi adalah suatu kondisi perusahaan yang didalam aktivitasnya mengakibatkan bahaya kecelakaan yang merugikan jiwa manusia, terganggungnya proses produksi, Dan memiliki risiko pencemaran lingkungan.

Alasan mendasar bagi perusahaan untuk menerapkan K3 dibidang Industri 1. agar pekerja memiliki jaminan kesehatan dan keselamatan kerja secara baik dari sisi fisik, mental serta sosial. 2. Perlengkapan kerja dapat dipergunakan dengan bijak dan selektif. 3. Pekerja dan perusahaan memiliki hasil produksi yang bisa dipertanggung jawabkan. 4. Pekerja tidak memiliki gangguang kesehatan karena lingkungan kerja. Adapun prinsip pelaksanaan K3 didalam  Perusahaan meliputi 1. Menyediakan dan memahami penggunaan alat pelindung diri di lingkungan kerja. 2. Menyediakan beragam penunjang kesehatan fisik dan rohani ditempat kerja serta mendapatkan fasilitas kerja yang aman yang bisa memenuhi syarat lingkungan kerja yang baik. 3. Memiliki kesadaran penuh akan pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja untuk pegawai.

Berkaitan dengan pemahaman teori serta kebutuhan perusahaan akan pentingnya K3 bagi pekerja, dalam hal ini Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Gresik telah membekali Mahasiswa didiknya menempatkan dalam kurikulum Prodi teknik Industri Mata kuliah wajib membahas K3. Didalam pembelajaran dikelas untuk mahasiswa memahami dasar –dasar K3, bidang pengawasan di Industri serta Undang – undang K3, Mahasiwa menganalisis permasalahan K3 yang sering terjadi atau berpotensi di lingkungan kerja, mahasiswa memahami ilmu pengetahuan dan penelitian  yang berkembang mengenal aplikasi K3 di industri.  Dengan bekal ilmu yang dipelajari, lulusan mahasiswa prodi teknik industri fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Gresik mampu diterjunkan dan menerapkan K3 pada perusahaan dimana tempat mereka berkerja, bahkan tidak jarang dikelas Sore pada prodi teknik Industri bagi mahasiswa yang sudah bekerja, senantiasa untuk berdiskusi dan brainstorming terkait implementasi K3 di perusahan tempat mahasiswa berkerja untuk sharing maupun problem soving implementasi K3 dikelas antar mahasiswa maupun Dosen pengampu Mata kuliah K3 tersebut, sehingga dengan sharing knowlage K3 dapat memberikan update ilmu pengetahuan dan praktik riil di perusahaan.

 

MELINDUNGI DIRI (SUMBER DAYA MANUSIA) DARI RISIKO BAHAYA, ADALAH ASSET PENTING BAGI KEBERLANJUTAN PERUSAHAAN.


16 May 2022
MUHAMMADIYAH ITU SOFTWARE ATAU HARDWARE?
28 April 2022
IMPLEMENTASI KESEHATAN & KESELAMATAN KERJA DI BIDANG INDUSTRI
21 April 2022
KALIAN ADALAH WANITA HEBAT, DENGAN CARA KALIAN SENDIRI (SPIRIT R.A KARTINI)