MATIKAN ASAP ROKOK, PEDULI KESEHATAN LINDUNGI LINGKUNGAN

Oleh :

Nurul Fauziyah

Ketua HIMA Prodi Kesehatan Masyarakat UMG

 

Asap rokok adalah hal yang tak asing di lingkungan kita hampir di seluruh tempat hilir mudik para perokok. Mulai dari kalangan muda hingga kalangan tua, bahkan merokok tak asing lagi bagi anak zaman sekarang. Merokok juga menjadi budaya bagi mereka yang memiliki atau mencari inspirasi untuk karya seni dalam kehidupannya.

“Rokok tak selalu buruk” ini adalah stigma yang diciptakan oleh para penggemarnya dan memiliki keistimewaan yang tak bisa lagi dibantahkan bagi mereka. Sampai hari ini rokok beserta aktivitas merokoknya masih dianggap legal, bahkan rokok merupakan produk penyumbang profit terbanyak bagi negara. Keistimewaan rokok bagi negara,  sudah sejak dahulu sama-sama diketahui sebagai sektor strategis tulang punggung negara dalam hal pendapatan negara yang sangat besar. Selain itu rokok juga menyerap tenaga kerja yang sangat besar yang bisa mengurangi masalah pengangguran di Indonesia.

Terlepas dari keuntungan di atas rokok mempunyai lebih banyak hal negatif bagi kesehatan rokok bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru,  tenggorokan, mulut, organ reproduksi sampai otak. tidak hanya itu asap rokok sangat membahayakan orang lain yang menjadi perokok pasif .

Perokok pasif hanya menghirup asap rokok tapi itu yang menjadi lebih berbahaya karena di dalam rokok ada filter untuk mengurangi asap rokok yang dihiruppara perokok aktif sedangkan, para perokok pasif akan lebih rentang terhadap penyakit organ dalam seperti paru-paru, tenggorokkan, organ reproduksi, jantung, otak sampai organ luar seperti mulut, mata dan kulit sebab amoniak dan karbon monoksida yang dihirupnya akibat ego para perokok aktif.

Parahnya para perokok aktif lebih suka merokok diruang terbuka karena mereka berfikir asap rokok akan hilang dengan sendirinya, tapi mereka salah besar asap rokok tersebut tidak hilang begitu saja melainkan masuk terhirup orang orang di sekitar mereka karena asap rokok mampu bertahan di udara berjam jam sebelum terhirup oleh manusia.

Apa sudah sampai situ saja bahaya merokok?. Ternyata tidak bahaya merokok juga berakibat terhadap lingkungan putung rokok yang dibuang sembarangan di tanah akan merusak ekosistem tanah begitu pun saat putung dibuang di air atau sungai. Tidak berhenti disitu asap rokok juga sangat mempengaruhi ekosistem udara dan bisa mengakibatkan pengurangan lapisan ozon.

Setalah mengerti bahaya dan upaya pemerintah apakah kita sebagai masyarakat hanya diam saja, sebaiknya tidak kita mulai dari diri kita terlebih dahulu apakah masih merokok? jika iya, kita harus berusaha untuk mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan merokok.

Berhenti merokok adalah hal yang susah bagi para perokok aktif karena didalam rokok terdapat zat yang membuat kecanduan namun, tidak hal yang mustahil masih banyak cara untuk menghilangkan kecanduan merokok yaitu

1. Mengonsumsi makanan yang sehat.

Manakan sehat sangat baik bagi tubuh penelitian menunjukkan bahwa makanan seperti sayur dan buah-buahan, dapat mengurangi hasrat untuk kembali merokok.

2. Ber olahraga rutin.

Hilangkan kebiasaan merokok dengan cara olahraga,, saat seseorang ingin merokok coba untuk olahraga kecil sehingga lupa akan keinginan merokok.

3. Hindari stress

Stress adalah hal yang wajar dialami setiap orang dan kebanyakan orang melampiaskan stress dengan merokok. tapi bagi orang yang ingin menghilangkan rokok bisa mengganti dengan melakukan hal yang bisa menenangka hati dan pikiran .

4. Meminta bantuan orang terdekat

Support dari orang terdekat adalah hal yang paling ampuh untuk membantu menghilangkan kebiasaan merokok.

5. Mencoba terapi pengganti nikotin

Merubah suatu kebiasaan merokok dapat menggantinya dengan mengonsumsi permen karet atau hal lain yang tidak mengandung nikotin.

6. Konsultasi ke klink khusus

Berkonsultasi kepada klinik khusus untuk menghilangkan kebiasaan merokok adalah cara yang bagus sebab disana kita akan dibimbing dan diberi terapi yang cocok untuk orang yang sudah kecanduan merokok.

Setelah mengetahui semuanya diatas mari kita rubah bersama sama demi kehidupan yang lebih sehat dan generasi yang lebih baik.tentunya kita semua inginkan yang lebih baik bukan?.


“SAYANGI DIRI SAYANGI KELUARGAMU DAN LINGKUNGANMU HANYA DENGAN STOP ASAP ROKOK”.


29 June 2022
KELUARGA PUSAT KEHIDUPAN DAN SEKOLAH PERTAMA ANAK
08 June 2022
MEWUJUDKAN INDONESIA MENJADI POROS MARITIM DI DUNIA
31 May 2022
MATIKAN ASAP ROKOK, PEDULI KESEHATAN LINDUNGI LINGKUNGAN